Tips Ampuh Menghilangkan Bosan Saat Mendengarkan Musik

Siapa yang tidak suka mendengarkan musik? Hampir semua orang mendengarkan musik. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua sekali pun. Banyak orang yang
mendengarkan musik untuk menenangkan pikiran dikarenakan kesibukan sehari-hari, bahkan ada juga orang yang menjadikan musik sebagai kebutuhan sehari-harinya alias “Music Maniac”, seperti Achan sendiri.

Mendengarkan musik rasanya selalu seru dan asyik. Tapi terkadang, kita juga sering merasa bosan dengan musik yang kita dengarkan. Alasannya bermacam-macam, mulai dari musik yang didengarkan hanya itu-itu saja, sampai alasan musik yang didengarkan sudah ketinggalan zaman. Nah, kali ini Achan akan memberikan beberapa tips yang terbukti ampuh untuk menghilangkan bosan mendengarkan musik. Oke, langsung saja ini tipsnya.

1.       Selalu Cari Referensi Musik.
Hal ini pasti sangat penting. Sama halnya seperti belajar, di dalam memilih musik untuk didengarkan kita juga membutuh referensi yang tepat mengenai musik yang akan kita dengarkan. Kita bisa mencari di internet mengenai musik yang sedang populer saat ini, atau kita bisa mencari musik yang sangat disarankan berdasarkan genre yang kita sukai, baik itu musik yang baru maupun yang sudah lama.

2.       Coba Sesekali Dengarkan Musik yang Berbeda dari yang Biasa Kita dengar.
Nah, hal ini juga penting. Karena jika mendengarkan musik yang itu-itu saja, pastilah kita akan bosan. Jadi, dengan mendengarkan musik yang berbeda dari biasanya, terlebih pada genrenya, kita bisa sedikit menghilangkan rasa bosan tadi.

3.       Cari Cover Version Dari Lagu Favorit Kita.
Jika kita ingin mendengarkan sesuatu yang berbeda dari lagu favorit kita, alangkah baiknya jika mendengarkan cover version dari lagu tersebut. Ada banyak orang yang mengcover lagu di YouTube atau Soundcloud. Tentunya tidak semua hasil dari cover lagu tersebut bagus dan asyik didengar. Tapi, tidak ada salahnya sebelum memilih mendengarkan lagu yang dicover orang lain, alangkah baiknya jika kita mencari info siapa yang mengcover lagu itu. Pilih saja yang penyanyi profesional dan punya reputasi bagus atau yang memainkan musik yang genrenya bukan yang kita benci.

4.       Cari Versi Lain.
Versi rekaman sudah bosan? Bagaimana kalau cari versi akustiknya? Bagaimana kalau cari versi livenya? Bagaimana kalau mendengarkan versi remixnya? Bagaimana kalau cari versi extended atau 12 inch-nya? Bagaimana kalau mendengarkan versi minus onenya? Bagaimana kalau mendengarkan mashupnya (itu lho, beberapa track yang digabung-gabung)? Atau bagaimana kalau cari versi demonya kalau ada? Memang, yang seperti ini kadang juga bisa mengecewakan atau malah bikin keki dan geli. Tapi, kadang ada juga yang bagus kok. Carilah yang jernih suara atau hasil rekamannya. Ya, setidaknya ini menghindarkan kebosanan.

5.       Jangan Hanya Mendengarkan Lagunya Saja, Lihat Videonya Juga.
Jika hanya mendengarkan versi mp3 dari lagu, rasanya sangat membosankan. Coba lihat video clip dari lagu atau versi live dari lagu tersebut. Pasti akan terasa berbeda walaupun lagunya sudah cukup membosankan, karena sensasi melihat video akan terasa jauh lebih mengasyikan daripada hanya mendengarkan versi mp3. Kita bisa melihat bagaimana penampilan dari si artis yang menyanyikan lagu tersebut.

6.       Dengarkan Banyak Lagu Sekaligus.
Jangan hanya mendengarkan beberapa lagu, apalagi dari artis yang sama. Itu sudah pasti akan membuat kita cepat bosan. Bayangkan saja, jika dalam seminggu kita hanya mendengarkan lagu yang sama dan dari artis yang sama pula, seperti apa bosannya kita saat mendengarkannya? Pastilah sangat bosan dan akhirnya kita terkadang menjadi kesal sendiri. Agar hal tersebut tidak terjadi, coba dengarkan puluhan atau bahkan ratusan lagu sekaligus dari artis yang berbeda-beda (jika ingin mendengarkan ratusan lagu, usahakan hanya melakukannya pada saat mempunyai waktu luang yang lumayan cukup banyak, misal pada saat libur panjang atau pada saat kita sedang tidak mempunyai pekerjaan yang memerlukan konsentrasi penuh). Putar lagu tersebut secara random dan nikmatilah.


Nah, itu dia beberapa tips ampuh untuk menghilangkan bosan mendengarkan musik. Bagi yang punya tips lagi, silakan berbagi di kolom komentar. Sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya, and see you!!! :D

Comments

Popular posts from this blog

Download Album AKB48 'Thumbnail'